SEJARAH MATEMATIKA
Sebelum zaman modern dan penyebaran ilmu pengetahuan ke seluruh
dunia, contoh-contoh tertulis dari pengembangan matematika telah
mengalami kemilau hanya di beberapa tempat. Tulisan matematika terkuno
yang telah ditemukan adalah Plimpton 322 (matematika Babilonia sekitar 1900 SM),[1] Lembaran Matematika Rhind (Matematika Mesir sekitar 2000-1800 SM)[2] dan Lembaran Matematika Moskwa (matematika Mesir sekitar 1890 SM). Semua tulisan itu membahas teorema yang umum dikenal sebagai teorema Pythagoras, yang tampaknya menjadi pengembangan matematika tertua dan paling tersebar luas setelah aritmetika dasar dan geometri.
Sumbangan matematikawan Yunani memurnikan metode-metode (khususnya melalui pengenalan penalaran deduktif dan kekakuan matematika di dalam pembuktian matematika) dan perluasan pokok bahasan matematika.[3] Kata "matematika" itu sendiri diturunkan dari kata Yunani kuno, μάθημα (mathema), yang berarti "mata pelajaran".[4] Matematika Cina membuat sumbangan dini, termasuk notasi posisional. Sistem bilangan Hindu-Arab
dan aturan penggunaan operasinya, digunakan hingga kini, mungkin
dikembangakan melalui kuliah pada milenium pertama Masehi di dalam matematika India dan telah diteruskan ke Barat melalui matematika Islam.[5][6] Matematika Islam, pada gilirannya, mengembangkan dan memperluas pengetahuan matematika ke peradaban ini.[7] Banyak naskah berbahasa Yunani dan Arab tentang matematika kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Latin, yang mengarah pada pengembangan matematika lebih jauh lagi di Zaman Pertengahan Eropa.
Dari zaman kuno melalui Zaman Pertengahan, ledakan kreativitas
matematika seringkali diikuti oleh abad-abad kemandekan. Bermula pada abad Renaisans Italia pada abad ke-16, pengembangan matematika baru, berinteraksi dengan penemuan ilmiah baru, dibuat pada pertumbuhan eksponensial yang berlanjut hingga kini.
MENGATASI PHOBIA MATEMATIKA
Rasa takut ini
berasal dari pengalaman yang tidak menyenangkan dalam pelajaran
matematika. Fobia matematika juga dapat disebabkan oleh rendahnya
kualitas pembelajaran matematika dan kurangnya latihan soal-soal matematika.
Sebagaimana kita ketahui bersama, siswa
kerap kali memiliki ketergantungan yang luar biasa terhadap prosedur
matematika sebagai suatu cara untuk memahami matematika. Padahal ketika
seseorang mencoba menghafal prosedur, aturan dan langkah-langkah
penyelesaian soal tanpa memahami banyak hal, matematika sendiri akan
cepat dilupakan dan timbul keraguan.
Pikirkan matematika sebagai menghafal semua prosedur – bagaimana jika Anda
lupa beberapa ? Oleh karena itu, dengan jenis strategi memori yang baik
akan membantu, tapi, bagaimana jika Anda tidak ‘memiliki ingatan yang
baik. Memahami matematika sangat penting. Setelah siswa menyadari bahwa
mereka dapat melakukan matematika, gagasan seluruh kecemasan matematika
dapat diatasi. Guru dan orang tua memiliki peran penting untuk
menjamin siswa memahami matematika yang disajikan kepada mereka.
Selanjutnya untuk mengatasi rasa takut terhadap matematika seseorang harus membentuk enam sikap diri sebagai pembelajar;
1. Sikap positif akan membantu. Namun,
sikap positif datang dengan pembelajaran yang berkualitas untuk memahami
yang sering tidak terjadi pada pembelajaran matematika dengan
pendekatan tradisional
2. Ajukan pertanyaan, menentukan untuk
meningkatkan pemahaman konsep matematika. Jangan puas dengan sesuatu
yang kurang selama pembelajaran. Mintalah ilustrasi yang jelas dan atau
demonstrasi atau simulasi.
3. Praktek atau latihan soal secara teratur, terutama bila Anda sedang mengalami kesulitan pada konsep tertentu.
4. Ketika Anda benar-benar tidak dapat
memahami matematika sama sekali, sewalah seorang tutor atau belajar
kelompok dengan orang-orang yangbenar-benar memahami matematika.
Yakinlah bahwa Anda dapat menyelesaikan soal matematika sesulit apapun,
hanya terkadang soal itu mengambil pendekatan yang berbeda bagi Anda
untuk memahami beberapa konsep.
5. Jangan hanya membaca catatan-catatan
Anda untuk memahami konsep matematika. Memahami konsep matematika
membutuhkan latihan rutin dan pastikan Anda dapat jujur menyatakan
bahwa Anda memahami apa yang Anda lakukan.
6. Jadilah gigih dan tidak lebih
menekankan kenyataan bahwa kita semua membuat kesalahan. Ingat, beberapa
pembelajaran yang paling kuat berasal dari membuat kesalahan.
Setelah pembentukan sikap diri ini,
tinggal peran guru untuk menjadikan matematika menjadi menarik. Disini
perlu adanya faktor kreativitas guru. Kreativitas guru dalam
menyampaikan materi atau kreativitas dalam hal menyajikan materi
matematika pada murid-muridnya. Pada gilirannya kreatifitas guru dalam
mengajar inilah yang menumbuhkan minat dan semangat belajar para siswa.
Satu hal lagi yang tidak kalah penting
dan harus difahami oleh siapapun yang ingin menguasai konsep matematika.
Ingatlah bahwa matematika adalah ilmu abstrak, karena memang begitu
adanya. Hampir bisa dipastikan bahwa konsep-konsep matematika adalah
konsep yang abstrak. Akan tetapi, perlu pula diingat bahwa dalam
tahapan-tahapan tertentu, setiap manusia juga mampu memahami sesuatu
yang abstrak, walau pun tentunya sesuai dengan tingkat kecerdasannya
masing-masing. Ada yang begitu cepat menangkap, tetapi ada pula yang
sangat lamban menangkapnya.
Sementara untuk alasan
kedua, adalah faktor guru pengajar. Mungkin saja, gurunya kurang pintar,
tidak berwibawa, kurang wawasan, tidak menyenangkan, sifatnya buruk,
atau hal-hal buruk lainnya. Menanggapi hal itu, ingatlah, “Guru juga
manusia!” Seandainya tidak puas dengan guru di dalam kelas, bertanyalah
kepada guru lain di luar kelas atau di luar sekolah kita. Kemanapun
kita pergi, kita masuk, kita lakukan, butuh matematika. Dan ingat lagi:
“Guru juga manusia!!” Jangan pernah menyerah, untuk mengurangi rasa
takut yang yang berlebihan ( phobia ) terhadap Matematika.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar